Rabu, 17 November 2010

Tips membuat sales letter yang baik

Artikel menarik untuk para eksekutif.

Dalam surat penawaran (biasa sering disebut dengan istilah Sales Letter) yang akan Anda kirimkan, perlu Anda tambahkan “headline” pada surat penawaran tersebut. Apa itu “headline”? Headline itu boleh dibilang fungsinya sama dengan judul. Kenapa? Pertama, jelas fungsinya sama-sama menarik minat pengunjung. Kedua, karena dalam sales letter kita tidak punya kesempatan untuk membuat kalimat mubazir. Semua harus ditujukan untuk penjualan produk.

Dalam penulisan Sales Letter perlu tercakup lima unsur penting,yaitu :

Perhatian

Unsur ini biasanya berada di judul dari Sales Letter. Di situlah, peluang awal kita untuk menarik perhatian pengunjung. Ini berfungsi untuk memperdalam perhatian pembaca.

Minat

Untuk menarik minat pengunjung anda harus buat paragraf pembuka. Paragraf ini isinya bertujuan menyelesaikan masalah pengunjung. Apa maksudnya? Ini berkaitan dengan produk yang anda jual. Misal Anda jual obat sakit perut. Maka dalam paragraf pembuka harus benar-benar Anda jelaskan obat yang anda jual bisa menyelesaikan masalah sakit perut. Anda harus tunjukkan kalau obat anda ini yang paling tepat untuk masalah sakit perut.

Hasrat

Selanjutnya Anda bisa giring minat pengunjung menjadi niat untuk membeli. Anda bisa buat daftar manfaat atau keunggulan produk Anda di bagian ini. Cantumkan manfaat produk yang Anda promosikan.

Tindakan

Saat pengunjung ingin bertindak membeli, Anda harus memberi mereka kemudahan. Jangan sampai pengunjung bingung dimana tempat untuk memesan produk Anda itu. Anda harus buat langkah-langkah pemesanan secara jelas dan ringkas. Contohnya dengan membuat link perintah KLIK DI SINI UNTUK MEMESAN. Sayang sekali bukan jika pengunjung sudah berniat membeli tapi mereka malah ngeloyor meninggalkan situs Anda hanya karena kesulitan memesannya.

Penutup

Dalam unsur penutup ini Anda bisa memberi iming-iming garansi dan bonus. Karena, dengan adanya garansi dan bonus pengunjung akan semakin yakin membeli produk Anda.

Sebagai pebisnis online, Anda mesti sanggup merayu pengunjung dengan Sales Letter. Karena kelangsungan karir bisnis online Anda ditentukan keberhasilan penjualan Anda.

Sumber : managementfile.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar